mrapat.id

KLHK Putuskan Hubungan Sepihak, WWF: “Reputasi Kami Dirugikan!”

Mrapat.id – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLKH) Republik Indonesia ambil langkah mengejutkan, karena memutuskan secara sepihak kerjasama dengan Yayasan World Wildlife Fund (WWF). KLHK menganggap WWF tidak memiliki peran penuh untuk upaya konservasi di Indonesia selama ini. Keputusan tersebut tertuang pada Keputusan Menteri Nomor SK.32/Menlhk/Setjen/KUM.1/1/2020 ditetapkan 10 Januari 2020 lalu.

Juru bicara Yayasan WWF Indonesia, Kuntoro Mangkusubroto, sebagaimana diunggah dalam situs resmi WWF Indonesia belum lama ini, menyatakan WWF Indonesia merasa dirugikan dengan keputusan sepihak ini. Reputasi WWF yang telah lebih dari 50 tahun berkiprah mendukung upaya konservasi dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia seperti tidak dianggap. 

Kuntoro kecewa dengan keputusan sepihak KLHK dan tidak diberikannya ruang komunikasi dan konsultasi langsung. Selain itu, KLHK juga tidak melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat seperti yang tercantum pada perjanjian kerja sama antar kedua lembaga. 

Namun, Kuntoro menyatakan WWF Indonesia akan tetap terus beroperasi di Indonesia, serta melanjutkan kiprahnya pada pelestarian sumber daya alam hayati dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Sebagai lembaga independen berbadan hukum Indonesia, yang menjadi bagian dari kelompok masyarakat madani, Yayasan WWF Indonesia berhak melakukan kegiatannya di Indonesia berdasarkan ketentuan hukum dan perundangan yang berlaku. (M31)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *