mrapat.id

Sembungan, Desa Tertinggi di Jawa yang Menawan

Mrapat.id – Dingin dan Indah, itulah yang dirasakan apabila berkunjung ke Desa Sembungan Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Desa dengan ketinggian 2.306 mpdl ini didaulat tertinggi di Pulau Jawa. Ketinggian itu mengalahkan Desa Ranu Pani terletak di Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 2.100 mpdl. Ketinggian inilah yang membuat sensasi terasa berada di negeri atas awan.

Perjalanan menuju Sembungan cukup ditempuh sekitar 20 menit, dari pusat kota Dieng. Apabila sampai ke Sembungan, kita akan disambut dengan gapura besar bertuliskan ‘Sembungan Village, Desa Tertinggi di Pulau Jawa’. Pemandangan lereng bukit dan hamparan lahan pertanian yang indah, seolah menyapa. Selain keindahannya, keramahan masyarakatnya dapat membuat kerinduan tersendiri.

Spot untuk mengambil gambar melimpah bagi yang hobi fotografi, maupun berswafoto. Bagi penikmat suasana sunrise dapat menuju Bukit Sikunir. Bukit ini merupakan spot paling terkenal dan ramai dikunjungi para wisatawan. Panorama yang ditawarkan Sikunir juga mempesona, karena dengan berada dipuncaknya kita akan melihat Gunung Merbabu, Sindoro, Prau, Merapi, Lawu, dan Ungaran sekaligus. Selain spot Sikunir, kita juga dapat menikmati panorama Telaga Cebong, Air Terjun sikarim, Gunung Pakuwojo dan Gunung Seroja.

Apabila tertarik ke Sembungan, jangan lupa menyiapkan waktu yang tepat. Bagi yang tidak kuat dengan cuaca dingin, hindari berkunjung pada waktu bulan Agustus, karena merupakan puncak musim dingin. Suhu pada bulan Agustus dapat mencapai minus 10 derajat. Sedangkan apabila menginginkan suasana yang sepi dan asri, hindari waktu liburan. Karena musim liburan Sembungan akan dibanjiri oleh wisatawan, baik lokal maupun luar kota. (M31)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *