mrapat.id

The Generation, Mengusung Keroncong Rasa Milenial

Mrapat.id – Musik keroncong katanya identik dengan kaum tua. Irama yang mendayu dengan tempo lambat seakan hanya cocok dengan kaum paruh baya. Orkes Keroncong The Generation mendobrak stigma itu. Mereka mengolah musik keroncong menjadi musik yang akrab dengan telinga milenial.

Adalah Kapolsek Kebumen, AKP. Hari Harjanto yang mulai merintis kelompok ini sejak tahun 2016. Obsesinya mengajak kaum muda menyukai keroncong. Lagu-lagu pop terkini diaransir dengan apik dalam balutan irama keroncong.

Sekalipun semua pemusik otodidak, terbukti mereka berhasil mengolah lagu-lagu kekinian menjadi musik keroncong nan apik. Bahkan lagu berirama regae dari Shaggy Dog pun tak luput dari kreasi mereka.

Hari mengakui tak mudah membesut lagu masa kini dalam irama keroncong.
“Pada dasarnya semua lagu pop dapat ‘dikeroncongkan’. Namun kami memilih lagu yang memang mudah diterima pendengar,” ujar Hari, Jum’at (7/2) saat ditemui Mrapat.id di sela latihan.

Digawangi delapan personil, The Generation rutin berlatih di Gg.Pelatuk. Keseriusan mereka berbuah prestasi di lomba keroncong tingkat Jawa Tengah pada 2017. Panggilan pentas kian meluas hingga keluar Kebumen. Dalam waktu dekat mereka diundang dalam festival keroncong di Banyumas.

Sekalipun telah memiliki anggota tetap, The Generation tetap membuka diri jika ada yang hendak bergabung, “Seperti namanya The Generation, kami ingin musik keroncong dapat bertahan dari generasi ke generasi”, pungkas Hari. (M31)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *