mrapat.id

Wabup Arif: “Musim Penghujan, Waspada Penularan DBD!”

Mrapat.id – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Kebumen pada 2019 cukup tinggi. Terdata terdapat 259 kasus pada tahun lalu. Awal 2020 ini, kasus DBD telah menjangkit 42 orang di Kebumen.

Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, meminta warga untuk perhatian terhadap lingkungan sekitar. Pasalnya, DBD akan dapat berkembang cepat pada keadaan yang tak terawat. Apalagi menurutnya saat ini telah memasuki musim penghujan.

“Kita mesti waspada berkembangnya penyakit DBD, apalagi saat ini sudah masuk musim hujan. Saya harap seluruh warga peduli dengan lingkungannya. Sederhana, lakukan gerakan 3M plus. Tentu kita tidak mau sanak saudar kita terjangkit penyakit tersebut,” papar Arif saat mengisi peringatan Hari Lahir Ke-94 Nahdlatul Ulama di halaman Gedung Sekretariat NU Desa Tambakprogaten, Kecamatan Klirong, Selasa (11/2).

Lanjut Arif melaksanakan program 3M plus, adalah upaya pencegahan dini terhadap penyakit DBD, “Menguras tempat penampungan air. Kemudian, menutup rapat semua tempat penampungan air seperti ember, gentong, drum dan lain-lain. Terakhir, mengubur semua barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah, yang dapat menampung air hujan. Itu semua langkah mudah, sekaligus efektif,” terangnya. (M33)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *