mrapat.id

Lucu! ODGJ Hancurkan Rumah, Saat Diamankan Petugas Malah Hormat Sembari Cengar-Cengir

Mrapat.id – Suratno (43) terpaksa diamankan satuan anggota Polres Kebumen. Pasalnya, tak ada angin dan hujan, dia merusak rumah yang dia dan ibunya huni sehari-hari. Terlihat kondisi rumah rusak parah, semua kaca pecah dan almari roboh berantakan. Usut punya usut, ternyata Suratno adalah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) kambuhan.

Saat kambuh, warga sekitar tidak ada yang berani mendekatinya. Dikarenakan, ia biasanya merusak seluruh benda yang ada di hadapannya. Hingga pada kali ini, polisi terpaksa turun tangan. Disebabkan warga resah, rumah dia sendiri dihancurkan, dan ibunya harus diungsikan ke rumah tetangga demi keselamatan.

Lucunya dari kejadian tersebut, saat Suratno mengetahui kedatangan petugas. Ia pun lari masuk  kamar mandi. Kemudian petugas pun mengejar, dan mengetuk pintu kamar mandi. Tiba-tiba, Suratno dengan gagah berani keluar dari kamar mandi dan melakukan sikap hormat kepada petugas sembari cengar-cengir.

“Saya dimintai tolong warga mengamankan Suratno yang mengamuk dan merusak rumahnya sendiri di Desa Karangjambu. Saya datang bersama Aipda Sigit, anggota Koramil Sruweng, dan petugas kesehatan Puskesmas Sruweng. Kami di lokasi, sekitar pukul 13.30 WIB. Kami mendapati rumah itu dalam kondisi rusak parah, semua kaca pecah dan almari roboh berantakan. Ibu pelaku, Djasikem (64) yang tinggal bersama pelaku terpaksa diungsikan demi keselamatannya,” ungkap Bhabinkamtibmas Desa Karangjambu Kecamatan Sruweng Bripka Dakirman, Senin (10/2) lalu.

Sementara itu, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat dikonfirmasi melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman mengatakan, pelaku telah dibawa ke Shelter Kesehatan Jiwa UPTD Puskesmas Karanganyar Kebumen guna mendapatkan pengobatan tim medis.

“Siang tadi saat ngamuk sudah diamankan. Menurut penuturan keluarga, yang bersangkutan pernah menjalani pengobatan gangguan jiwa di RSJ Magelang. Namun beberapa Minggu terakhir ini, ia sering kambuh. Apapun yang ada di depannya dirusak. Jadi kami diminta mengamankan,” jelasnya. (M33)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *