mrapat.id

Kapolres Kebumen : “Ada Lima Titik Rawan di Pilkada Kebumen 2020”

Mrapat.id – Polres Kebumen telah memetakan lima titik kerawanan di Pilkada Kebumen 2020. Kapolres Kebumen, AKBP. Dr. Rudy Cahya Kurniawan mengatakan potensi kerawanan bisa terjadi pada pendataan nama pemilih, pencalonan kandidat, masa kampanye, masa tenang, dan pengumuman pemenang.

“Setiap tahap pada tahapan Pilkada akan kami kawal. Kami berusaha mengantisipasi segala macam bentuk pelanggaran dampak dari Pilkada,” kata Rudy dalam Diskusi Publik bertajuk Kebumen 2020, Kebumen Damai, yang diselenggarakan mrapat.id di Hotel Meotel, Rabu (12/2) malam.

Lebih lanjut, Rudy menjelaskan, lima titik kerawanan tersebut, memiliki potensi pelanggaran. Masyarakat yang tak terdata namanya tentu tidak terima. Kemudian, calon yang tidak lolos seleksi dapat melakukan hal-hal yang di luar kendali. Pada masa kampanye, masyarakat rentan gesekan. Masa tenang pun, tetap mesti ada pengawalan biar tetap terkendali. Terakhir, pada jadwal pengumuman hasil pilkada, euforia pendukung pemenang perlu didampingi, supaya tidak berlebihan.

“Maka dari itu, kami beserta forkompinda Kebumen bekerjasama menjaga kondusifitas ini. Tentu peran masyarakat, partai politik, dan media pun dibutuhkan,” pungkas Rudy. (M33)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *