mrapat.id

Ini Dua Lokasi di Gombong yang Disiapkan Jadi Gedung Karantina ODP

Mrapat.id – GOR Gombong dan eks. gedung RS Palang Biru disiapkan menjadi gedung karantina orang dalam pemantauan (ODP). Pasalnya, jumlah ODP di Kebumen telah capai ribuan. Shelter tersebut nantinya difungsikan menampung ratusan ODP sebelum dinyatakan sehat dan diizinkan kembali ke rumah masing-masing.

“Meski himbauan untuk jangan mudik sudah ada. Tetapi kami tetap mempersiapkan ini demi keselamatan kita bersama”, papar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Disease (COVID-19) Kebumen, Arif Sugiyanto, Minggu (29/3) saat meninjau lokasi.

Meski tak diharapkan pandemi berkepanjangan, skema tersebut dipersiapkan, menyusul prediksi Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kebumen, yang merujuk riset matematika sederhana ilmuwan ITB, menggunakan pendekatan matematis yang dikomparasikan data Iran dan Korea Selatan berdasarkan jumlah pasien yang terpapar positif coronavirus.

Dalam kajian tersebut disimpulkan, Indonesia akan mengalami puncak jumlah kasus harian COVID-19 pada akhir Maret 2020. Kemudian, berakhir pada pertengahan April 2020. Kasus harian terbesar berada di angka sekitar 600.

“Riset ini kami pakai sebagai dasar mempersiapkan skema terburuk,” kata Arif saat dikonfirmasi Mrapat.id.

Berdasarkan uji matematis tersebut, Arif mengatakan telah didapatkan skema pemodelan yang masih dipelajari tentang lonjakan ODP sampai angka 3.000.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Kebumen, Azam Fatoni menerangkan, GOR Gombong hanya bisa menampung sekitar seratusan orang. Sedangkan eks RS Palang Biru, daya tampungnya sekitar dua ratusan.

“Semoga tempat yang direncanakan untuk skema terburuk ini, tidak pernah terpakai dan wabah segera surut sebelum akhir lebaran,” imbuhnya.

Hingga berita ini diturunkan, tim Gugus Tugas masih berada di lapangan, untuk survei persiapan skema membuat kantong-kantong karantina di sejumlah wilayah lain di Kabupaten Kebumen. Belum ada rekomendasi lanjutan mengenai keputusan tempat yang akan dibangun pusat karantina di Kebumen. Dijadwalkan sore ini, seluruh Kepala OPD Kabupaten Kebumen bersama Bupati dan Wakil, berkumpul di Gedung F Kompleks Sekda untuk membahas dan menindaklanjuti perkembangan COVID-19. (CM34)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *