mrapat.id

Marak Baliho Paslon Kepala Daerah di Kebumen, Bawaslu: “Kami Belum Bisa Menindaknya”

Mrapat.id – Beberapa hari ini, gambar pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati marak terpampang merata di Kabupaten Kebumen. Padahal, saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI belum memutuskan waktu dimulainya kembali tahapan Pilkada Serentak 2020 dampak pandemi Covid-19. Keputusan tersebut menunggu hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada awal Juni mendatang. Meski demikian, Bawaslu belum dapat menindaknya secara regulasi.

“Ya gambar pasangan calon bupati dan wakil bupati sudah banyak terpasang. Kami melihat itu, tapi karena saat ini belum masuk tahapan pencalonan, sehingga belum bisa ditindak secara regulasi,” ungkap Ketua Bawaslu Kebumen, Arif Supriyanto, Rabu (20/5) saat dihubungi Mrapat.id melalui pesan singkat.

Lebih lanjut, Arif menerangkan Bawaslu belum dapat melakukan tindakan penertiban. Itu karena, kata dia, saat merujuk peraturan, sebenarnya bisa dikatakan sekarang belum ada calon bupati dan wakil bupati di Kebumen.

“Yang diatur diregulasi adalah ketika sudah ada penetapan calon. Kalau belum ditetapkan sebagai calon, belum bisa untuk dijerat dengan regulasi Pilkada,” tandas Arif. (CM33)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *