<script data-ad-client="ca-pub-9852753218845547" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
mrapat.id

Saat yang Berkebutuhan Khusus Mengibarkan Sang Merah Putih

Mrapat.id – “Siap Grak…!” Suara lantang inspektur upacara memecah keheningan pagi, pertanda mengawali rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia. Namun kali ini pemandangannya berbeda, seluruh petugas upacara bukanlah Pasukan Pengibar Bendera yang terlatih khusus, apalagi dari kalangan militer yang telah dididik disiplin tinggi sepanjang hidupnya. Akan tetapi mereka adalah anak-anak berkebutuhan khusus dari rumah inklusi Kebumen.

Jangan salah, meski tidak setegap para perwira. Keseriusan dan kekhikmatan mereka memperingati hari kemerdekaan tidak diragukan Menurut Ketua Rumah Inklusi, Iin, anak-anak terlihat antusias. Hal itu terlihat dari keseriusan anak-anak dalam menjalani tugas sebagai petugas upacara. Selain itu, upacara HUT ke-75 Indonesia merupakan pengalaman pertama anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di Rumah Inklusif.

“Kita tahu bahwa upacara bendera identik dengan sekolah. Sementara itu, mereka tidak mengenyam sekolah. Jadi, merupakan pengalaman yang berharga untuk mereka,” ungkap Iin (17/8).

Diketahui bahwa pada Desember 2019, Kebumen mendeklarasikan diri menjadi Kabupaten Inklusi. Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz, mengatakan anak-anak inklusi tersebut diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan.

Menurut Ketua PW LP Maarif Jawa Tengah Andi Irawan, Kebumen role model terbaik dalam penanganan anak berkebutuhan khusus. Pernyataan tersebut disampaikan ketika Deklarasi Kabupaten Kebumen ramah Inklusi pada Desember 2019 lalu.

“Kami berharap anak-anak tersebut tidak dipandang berbeda. Mereka sama-sama punya potensi untuk produktif seperti yang lainnya. Kami bersama-sama yang lain juga sudah berhasil memproduksi batik pegon, batik inklusi dan hasil kreasi tangan yang lainnya,” pungkas Iin. (CM35/M33)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *