<script data-ad-client="ca-pub-9852753218845547" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
mrapat.id

Tergantung Kebijakan Daerah, DKP: ”Logending Bisa Jadi Pelabuhan Berkelas Samudera!”

Mrapat.id – Potensi kelautan yang ada di Kabupaten Kebumen masih butuh dimaksimalkan. Upaya optimalisasi potensi kelautan dapat dimulai melalui upaya pengembangan membangun pelabuhan.

Menurut Kepala Bidang Kelautan dan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kebumen, Mohammad Ashari, Pelabuhan Logending memiliki potensi tinggi dikembangkan menjadi pelabuhan Samudera, namun kata dia, itu butuh dukungan kebijakan pemerintah daerah Kebumen.

“Saya pikir Pelabuhan Logending bisa ditingkatkan mencapai kelas Pelabuhan Samudera, bukan hanya kelas Pelabuhan Nusantara saja. Tentu  tergantung political will (kebijakan daerah_red) Kabupaten Kebumen nantinya,” papar Ashari saat ditemui Mrapat.id, hari ini (18/8).

Diketahui perjalanan awal membangun pelabuhan Logending, selama empat tahun memakan biaya sekira 92 milyar rupiah. Selain itu dalam proses pembangunannya tidak berjalan lancar. Meski demikian kawasan Logending dipandang paling strategis, di samping itu hanya membutuhkan penambahan break water di bagian timur

“Dulu awal memulai membangun Pelabuhan Logending, tidak berjalan mulus karena pada tahun 2016, bantuan dicabut. Sementara pada Juni 2020, Pelabuhan Logending pernah hancur karena ombak yang tinggi. Pasalnya, tidak seperti di pantai Utara yang ombaknya relatif kecil, di Kebumen gelombang sudah mencapai sembilan meter,” papar Ashari (CM35)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *