mrapat.id

Kebumen Belum Jadi Bidikan Industri Besar

Mrapat.id – Kebumen belum siap jadi wadah bagi industri besar. Ketidaksiapan ini diindikasi dari perijinan calon wilayah industri di Kebumen, yang tak kunjung rampung. Calon lahan industri tersebut di Kecamatan Petanahan, seluas lebih dari 50 hektar.

Padahal, industri besar butuh wilayah luas untuk mengambangkan berbagai komponen pendukungnya. Namun, Kebumen belum mempunyai daerah yang representatif seperti itu. Hal ini disampaikan Kasi Industri Agro, Kimia, dan Hasil Hutan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kebumen, Guruh Dwi Putra, beberapa waktu lalu, saat ditemui Mrapat.id di kantornya.

“Kebumen belum punya kawasan industri yang representatif untuk keberlangsungan industri besar. Sehingga masih banyak industri besar yang mempertimbangkan (berinvestasi_red) gara-gara itu,” ungkapnya.

Terdata, jumlah industri besar hingga saat ini hanya ada tiga di Kebumen. Dua diantaranya di daerah Kebumen Barat dan satunya di Kebumen Tengah. Guruh bahkan menegaskan, infrastruktur jalan yang memadai dan pelabuhan besar sangat dibutuhkan, guna mendatangkan investasi berskala besar di Kebumen.

“Infrastruktur jalan dan pelabuhan perlu diperhatikan, untuk kawasan industri,” tandasnya. (CM35)

Editor: Guntur Mukti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *