mrapat.id

Pilkada Serentak 2020 Kebumen: Mahasiswa Diminta Lebih Berperan

Mrapat.id – Mahasiswa di Kebumen dinilai kurang berperan dalam proses Pilkada Serentak 2020 Kebumen. Hal itu disampaikan Dosen Pendidikan Anti Korupsi Politeknik Dharma Patria, Dr. Teguh Purnomo, SH., MH, beberapa waktu lalu, kepada Mrapat.id. Menurut Teguh, seharusnya mahasiswa menjadi garda terdepan dalam mengawal isu-isu politik di wilayahnya.

Politik menjadi sumber segala kebijakan yang tentu akan berdampak bagi hajat hidup masyarakat. Oleh karenanya, mahasiswa mesti berperan dari hulunya. Mahasiswa, kata Teguh, tidak memiliki kepentingan pragmatis. Selain itu, mahasiswa juga memiliki idealisme yang tak bisa dimiliki oleh kelompok sosial lain.

“Jika memang mahasiswa bisa berperan untuk mengawal Pilkada Kebumen, kenapa tidak. Mahasiswa kan tidak terlibat pada kepentingan pragmatis, jadi mereka masih bisa menyuarakan idealisme,” ungkap Teguh.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Kebumen, Arif Supriyanto mengajak mahasiswa berperan aktif mengawasi gelaran Pilkada Serentak 2020 di Kebumen. Arif menjelaskan, mahasiswa tidak hanya sekedar aktif memilih paslon saat pencoblosan. Lebih jauh, mahasiswa harus ikut andil dalam tegaknya nilai-nilai demokrasi di Pilkada Kebumen.

“Calon-calon intelektual kita itu, kalau bisa mengawal bersama. Tentu saja untuk menegakkan nilai-nilai demokrasi dalam gelaran Pilkada Kebumen. Syukur-syukur membantu kami dalam pengawasan, misalnya kalau ada kecurangan segera dilaporkan kepada kami,” ungkap Arif. (CM35)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *