mrapat.id

Hari Ini, Puluhan Ribu Petugas Pemungutan Suara Pilkada 2020 Kebumen Dites Rapid

Mrapat.id – Puluhan ribu petugas yang tergabung dalam Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Linmas bakal menjalani tes rapid hari ini, Senin, (9/11/2020) di 35 Puskesmas yang ada di Kebumen. Hal ini disampaikan Ketua KPU Kebumen, Yulianto kepada Mrapat.id.

Yulianto menyebut sebanyak 31.363 petugas yang bakal menjalani tes rapid. Masing-masing berasal dari unsur KPPS, Linmas, PPS, Sekretariat PPS, dan PPK, Sekretariat PPK, yang tersebar di berbagai wilayah.

“Ada sekitar 31.363 yang akan menjalani tes rapid. Itu dari unsur KPPS, Linmas, PPS dan PPK serta kesekretariatan,” ungkap Yulianto.

Setelah menjalani tes rapid, petugas yang dinyatakan reaktif akan menjalani isolasi mandiri. Dikatakan Yulianto, jika ada yang harus menjalani tes swab dan hasilnya positif tidak akan diberhentikan namun harus menjalani perawatan.

“Pada saat ada yang harus swab dan hasil positif tidak diberhentikan tetap menjalani perawatan. Apabila hari H jumlah KPPS kurang dari 5 orang maka dilakukan penggantian,” tambah Yulianto.

Proses pencegahan Covid-19 pada gelaran Pilkada Kebumen 2020 merupakan kerjasama KPU Kebumen dengan Tim Satgas Covid-19 Kebumen.

Diketahui, pemilih yang suhunya di atas 37,3 akan diberikan perlakuan khusus saat pemungutan suara berlangsung. Selain itu, menurut Yulianto, mereka yang suhunya berada di atas 37,3 akan ditindaklanjuti oleh Tim Satgas Covid-19 Kebumen.

Saat dikonfirmasi, Kabid Informasi Publik Satgas Covid-19 Kebumen, Cokro Aminoto, memberikan keterangan bahwa penanggulangan Covid-19 merupakan tugas bersama. Sehingga antara KPU Kebumen dan Satgas memang harus bekerjasama untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada Pilkada Kebumen 2020.

“Untuk penanggulangan Covid-19, kita harus bekerjasama. Termasuk KPU dan Satgas Covid-19 Kebumen, supaya penyebaran tidak semakin bertambah,” ungkap Cokro. (CM35)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *