mrapat.id

Inspektur Dyah: ASN Terima Gratifikasi, Laporkan Kami!

Mrapat.id – Harapkan Kebumen menjadi kota yang bersih dari praktik korupsi, Inspektorat Kebumen selenggarakan sosialisasi Pengendalian Gratifikasi bagi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen yang diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Senin, (9/11/2020) di Gedung Inspektorat Kebumen.

Inspektur Inspektorat Kebumen, Dyah Woro Palupi, memberikan penjelasan, Kebumen harus menjadi kota yang bersih dan terhindar dari praktik Korupsi. Lebih lanjut, ia menjelaskan, praktik gratifikasi perlu diwaspadai sebab terkadang banyak persepsi yang masih tumpang tindih.

“Perlu diberikan pemahaman kepada pimpinan OPD di Kebumen terkait gratifikasi. Sehingga, mereka bisa membedakan kemudian menolak gratifikasi,” ungkap Dyah.

Dyah melanjutkan, kepada masyarakat untuk tidak segan-segan melaporkan praktik gratifikasi kepada Inspektorat atau KPK.

“Jika ada praktik gratifikasi segera laporkan kepada KPK, sehingga mampu meningkatkan pelayanan kepemerintahan yang bersih,” ujar Dyah.

Sementara itu, Camat Sadang, Tjahjo Sambodo Nugrahaning Widi, yang juga peserta kegiatan, mengatakan, akan segera menindaklanjuti hal baik ini di jajaran birokrasi yang berada di bawah pimpinannya.

“Kami akan segera merespon hal baik ini di jajaran birokrasi. Jujur saja, kalau praktek-praktek gratifikasi dicerna secara utuh akan berdampak pada birokrasi yang bersih. Di sekeliling kita masih banyak gratifikasi, contoh Parcel yang sudah mentradisi di lingkungan Pemda,” jelas Tjahjo.

Tjahjo menjelaskan, prosedur yang cukup mudah akan membantu untuk meningkatkan pelaporan gratifikasi. Ia menjelaskan, misalnya saja di lingkungan birokrasinya ada yang melakukan gratifikasi maka segera melaporkan ke Inspektorat dan juga bisa melaporkan secara online dengan aplikasi GOL (www.gol.kpk.go.id) yang terhubung dengan website KPK. (CM35)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *