mrapat.id

Pandemi Bukan Alasan Turunkan Semangat Berliterasi

Mrapat.id – Wabah pandemi tidak kunjung usai. Meski demikian, bukan alasan menurunkan semangat berliterasi. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Kebumen terus mengupayakan agar dunia literasi di Kebumen tidak loyo.

Kepala Disarpus Kebumen, Anna Ratnawati mengungkapkan, meski selama pandemi berlangsung perpustakaan daerah ditutup. Namun, itu tidak lantas menjadikan sejumlah agenda berbasis digital terhenti juga. Kondisi tersebut terpaksa dilakukan, karena apabila perpustakaan dibuka, maka pengunjung akan membludak. Guna menghindari kerumunan yang berkemungkinan besar tercipta, maka selama sekolah ditutup perpustakaan juga  ditutup.

“Selama pandemi tidak memungkinkan untuk membuka perpustakaan. Namun, bukan berarti tidak ada agenda. Kami tetap melayani masyarakat untuk menumbuhkan semangat literasi. Ada beberapa event lomba online yang diagendakan saat ini”, ungkap Anna saat ditemui mrapat.id pada Kamis (04/02/2021).

Lomba diselenggarakan untuk tingkat TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTS, hingga para komunitas yang kegiatannya dilakukan di Disarpus Kebumen. Jenis lomba mulai dari duta baca cerita, duta baca puisi, cerita pendek dan lain sebagainya. Tujuan utama diadakan lomba adalah untuk meningkatkan semangat literasi anak-anak muda Kebumen.

“Demi meningkatkan budaya membaca dan semangat literasi, maka kami mengadakan beberapa lomba menarik dan dapat diikuti oleh banyak pihak. Selama pandemi, tentu kegiatan dilakukan secara online. Hadiah yang diberikan sangat menarik. Semoga nantinya banyak yang berminat” ujar Anna.

Selain beberapa jenis lomba online, Anna menambahkan, Disarpus tetap membuka layanan perpustakaan online. Masyarakat dapat menggunakan aplikasi iKebumen di smartphone dengan mengunduhnya dari Apple Store atau Google Play secara gratis.

“Kami juga menyedikan wifi corner outdoor yang terletak di sebelah utara gedung secara gratis. Masyarakat yang membutuhkan akses wiFI dapat memanfaatkan lokasi ini. Kecepatannya bahkan mencapai 300 Mbps. Selama pandemi, kami tetap membukanya”, pungkas Anna (CM39).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *