mrapat.id

Wisata Pesona Jemur Indah Terkendala Izin, Kepala Desa Jemur: “Tolong Sederhanakan Peraturan yang Ada!”

Mrapat.id – Pemerintah Desa Jemur, Kecamatan  Pejagoan, Kabupaten Kebumen tengah termotivasi memajukan potensi desanya. Inovasi baru dilakukan dengan mendirikan sebuah wisata bernama Pesona Jemur Indah.

Wisata Pesona Jemur Indah memanfaatkan area di pinggiran sungai Lukulo. Daerah yang pada awalnya hanya merupakan selak belukar telah disulap menjadi sebuah destinasi wisata dengan pemandangan cantik dari bentangan pegunungan wilayah Pejagoan dan Karangsambung. Sayangnya, wisata yang telah viral dan berhasil menarik banyak minat wisatawan lokal tersebut, masih memiliki kendala besar terkait masalah perizinan.

Kepala Desa Jemur Tunjangsari, menjelaskan telah berusaha semaksimal mungkin mengikuti segala peraturan dan persyaratan terkait perizinan dibukanya sebuah objek wisata yang memanfaatkan lahan BUMN. Namun, hingga saat ini wisata tersebut masih belum berhasil mendapatkan izin dari pemerintah kabupaten Kabumen.

“Yang kami rasakan sampai sejauh ini dalam pengurusan izin guna mendapat SK Kabupaten terlalu banyak tahapan dan lama. Mohon agar peraturan lebih disederhanakan. Jangan mempersulit desa-desa perintis,” ujar Tunjangsari, pada Selasa (09/02/2021).

Pesona Jemur Indah memanfaatkan area bantaran sungai Lukulo yang merupakan lahan pemerintah dibawah naungan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak, Yogyakarta. Jika ingin menggunakan area tersebut, maka perlu menjalani serangkaian tahapan tertentu.

Wakil Ketua DPRD Kebumen, Yuniarti Widayaningsih , menyatakan destinasi wisata tersebut masih menggunakan bendungan dari Serayu Opac. Hal tersebut dikhawatirkan dapat menjadi permasalahan pada kemudian hari. Perlu dilakukan adanya duduk bersama dari pihak-pihak terkait untuk membahas mengenai masalah perizinan tersebut.

“Pada satu sisi kita tentu ingin mengembangkan. Akan tetapi di sisi yang lain itu bukanlah milik kita. Mari nanti duduk bersama dan cari solusi bersama,” ungkap Yuniarti. (CM39)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *