mrapat.id

Menteri Risma Blusukan ke Kebumen, Jawa Tengah

Mrapat.id – Hari ini (12/02/2021) Menteri Sosial, Tri Rismaharini blusukan ke lokasi longsor di Desa Kalijering, Padureso, Kebumen, Jawa Tengah. Menteri Risma melihat langsung kondisi longsor, yang diduga menimbun tiga warga tersebut, sekaligus bertemu dengan warga terdampak longsor.

“Saya minta, warga yang terdampak segera mendapat bantuan,” ungkap Menteri Risma, saat meninjau lokasi.

Seperti diketahui, sebelumnya terjadi bencana tanah longsor di Desa Kalijering, Padureso, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pada Selasa (9/2/2021) lalu. Tiga orang tertimbun longsor tersebut.

Pelaksana tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Benana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Teguh Kristianto menuturkan, sebuah bukit di Desa Kalijering longsor pada Selasa (9/2/2021) pukul 18.30 WIB, saat terjadi hujan lebat mengguyur wilayah Kecamatan Padureso.

“Kami mendapat kabar sekitar pukul 19.00 WIB dan tim BPBD langsung meluncur ke lokasi,” kata Teguh.

Korban hilang, yakni Jemarun (48), Doniatun (46) dan Tarsina (60) Warga Dukuh Krajan, Desa Kalijering, Kecamatan Padureso.

Teguh menyampaikan selain tiga orang diduga tertimbun longsor, sekitar 95 jiwa warga mengungsi akibat longsor tersebut. Mereka mengungsi di tiga rumah dan sebuah masjid.

Laporan terakhir dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI menyatakan, tanah longsor merupakan salah satu bencana yang dominan di Kabupaten Kebumen. Ini karena, kontur daratan Kebumen yang 43 persennya merupakan wilayah pegunungun dengan tingkat kemiringan tanah bervariasi dari curam hingga sangat curam. (M33)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *