mrapat.id

Setelah UNS dan UGM, Kini UM Purwokerto Hadir di Kebumen Melalui KKN Membangun Negeri

Mrapat.id – Peserta KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) saat ini dituntut membuat program kerja dengan presentase 60% merujuk pada penanganan Covid-19. Berbagai program unggulan pun dilakukan untuk menggairahkan kembali perekonomian masyarakat di tengah PSBB.

Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kebumen menjadi salah satu tempat penerapan program tersebut. UMP melalui mahasiswanya berusaha membangkitkan UMKM masyarakat setempat.

“Desa Candirenggo memiliki banyak UMKM yang belum berjalan secara konsisten, maka kawan-kawan mahasiswa secara serius menciptakan konsep penyuluhan yang dapat diterima masyarakat saat pandemi ini. Kelompok KKN 097 dengan aktif menyambangi rumah warga dan melakukan sosialisasi,” ungkap Mahasiswi KKN UMP, Masrofah, hari ini (19/02/2021).

Menurut Masrofah, ada dua jenis usaha yang tengah dikembangkan bersama antara Mahasiswa KKN UMP dan warga Desa Candirenggo, yakni jahe serbuk dan abon ikan.

“Usaha jahe serbuk dan abon ikan telah ada ada di Desa Candirenggo. Ini yang berusaha kami (mahasiswa KKN UMP_red) turut mengembangkan. Dimulai proses produksi yang lebih efisien, hingga membantu proses pemasarannya. Tentu saat ini era digital, maka salah satu menjualnya ya melalui online. Itu supaya pasarnya semakin luas,” (adv)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *