mrapat.id

Pandemi Covid-19, Pemasangan KB Jangka Panjang Jadi Prioritas di Kebumen

Mrapat.id – Dinas Sosial dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsosppkb) Kabupaten Kebumen menfokuskan peserta baru keluarga berencana (KB) menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) selama pandemi masih berlangsung. Kondisi tersebut agar dapat meminimalisir frekuensi pertemuan.

Kepala Dinsosppkb Kabupaten Kebumen, Eko Widianto menjelaskan, selama pandemi pelayanan serta penyuluhan tetap berlangsung. Adanya pandemi tidak serta merta membuat aktivitas program KB menurun. Tanpa mengabaikan protokol kesehatan, pihaknya tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal.

“Semua berjalan seperti biasa, akan tetapi pemberlakuan pembatasan kuota pelayanan, menjadikan adanya tenaga ekstra,” ujar Eko pada mrapat.id saat ditemui di kantornya beberapa waktu lalu.

KB seperti IUD, implan, MOP (tubektomi_red), MOP (vasektomi_red) merupakan jenis KB yang tergolong ke dalam jenis MKJP. Menurut Eko, realisasinya memenuhi target, karena memang lebih difokuskan untuk digiatkan selama pandemi.

“Meski di masa pandemi, Dinsosppkb terus melakukan pembinaan terhadap peserta KB aktif. Target pada 2020 berjumlah 121.189 dan realisasi mencapai 137.537. Ini menjadikan pada 2020, Kebumen menempati posisi 5 se-Jateng dalam rangka gerakan 1 Juta akseptor,” pungkas Eko (CM39).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *