mrapat.id

Tingkat Konsumsi Ikan di Kebumen Rendah

Mrapat.id – Kepala PLT Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) Kabupaten Kebumen, Masagus Herunoto, mengatakan, tingkat konsumsi ikan warga Kebumen masih rendah. Kondisi tersebut tentunya sangat disayangkan, sebab berkebalikan dengan potensi perikanan yang tersedia di laut, bendungan, waduk, tambak dan sungai-sungai di Kabupaten Kebumen.

“Produksi perikanan di Kebumen per tahun dapat mencapai 3000 ton. Sayangnya, tingkat konsumsi ikan dari masyarakat masih rendah,” tutur Herunoto pada Mrapat.id saat ditemui di kantornya, beberapa waktu lalu.

Diketahui, tingkat konsumsi ikan di Kebumen berada di angka 19,63 kg per kapita. Sementara tingkat konsumsi ikan nasional sudah mencapai angka 54,59 kg per kapita. Untuk tingkat konsumsi ikan di Jawa berada di kisaran 36,37 kg per kapita. Dari data tersebut, mengindikasikan rendahnya konsumsi ikan di Kebumen.

Menanggapi kondisi tersebut, Herunoto mengungkapkan, pemerintah kabupaten Kebumen menjalankan sejumlah program menggalakkan konsumsi ikan, seperti edukasi asupan manfaat ikan dan bantuan ikan segar bagi masyarakat. (CM39)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *